Monday, June 19, 2006

MESRA Vol. 4 Isu formalin, skandal Gilraen, dll



oleh Novia Stephani


Suilad, mellonath nin.


Agent I di sini, kali ini dengan skrip tayangan terbaru MESRA. Setelah sempat hilang dari peredaran lantaran dicekal beberapa uruk yang menganggap MESRA mencemarkan nama baik mereka, acara kontroversial ini kembali membawakan gosip2 terhangat para selebriti Middle-earth dari berbagai Age. Harap diketahui, para uruk akhirnya mencabut tuntutan terhadap MESRA setelah diingatkan bahwa nama mereka sebenarnya sudah tercemar, dan uruk justru selalu mencari cara agar namanya makin tercemar. Justru harusnya mereka berterima kasih pada MESRA yang telah semena-mena mencela dan menghina-dina mereka. Kalau MESRA berupaya membersihkan nama mereka, nah, boleh deh menuntut ke pengadilan kalo begitu. Dasar uruk nggak kenal sekolahan (baca: blo'on), mereka percaya aja, dan pengacara mereka Ugluk Nainggolan SH (ijazah SH-nya hasil ngancem rektor, nama marga juga hasil embat asal-asalan bin serabutan, bukan karena keturunan batak asli, tapi cuma lantaran dia liat kebanyakan lawyer keturunan batak) akhirnya mencabut tuntutan cekal terhadap MESRA. Yay! Let the gossip continue!

Agent I

(dalam pelarian lantaran diuber uruk yang ngerasa ketipu dan terhina dengan sebutan blo'on--mereka lebih suka idiot, lebih ilmiah soalnya)


SKRIP MESRA


(Panjang syekalee lho, jangan dibaca di warnet ato di kantor. Agent I nggak bertanggung jawab kalo pembaca cengar-cengir sendiri trus disangkain kurang sehat ama orang2 di sekitarnya)

================================


Hail, halo, suilad. Jumpa lagi dengan saya Ioreth, dalam edisi teranyar MESRA, Middle-earth Selebriti Radar, tayangan infotainment terpanas, terlengkap, terakurat di Middle-earth.

Pemirsa, seperti biasa MESRA akan menyuguhkan berita terbaru seputar kehidupan para selebriti kita.


"Ada apa sebenarnya di balik isyu tuntutan yang diajukan perusahaan2 farmasi terhadap King Elessar?"


(gambar Aragorn dikerubutin mike dan recorder para wartawan, tampangnya gahar kayak lagi siap2 mau membabat orc)

"Sekali lagi saya tekanken, saya tidak menerima uang sepenny pun dari siapa pun."

(kamera beralih ke tangannya yang udah mengusap2 dan ngremes2 gagang Anduril)


"Bagaimana pula tanggapan para selebriti kita tentang heboh formalin dalam makanan?"

(gambar Rosie Cotton berkomentar sambil nyengir lebar.)

"Ada juga sih, yang pakai pengawet."


(gambar Galadriel bertampang sewot saat dikerubuti wartawan)

"Saya curiga isyu ini sengaja diembuskan saingan usaha kami, para produsen cram dari Dale!"


"Jangan lewatkan pula gosip terhangat tentang skandal Lord Elrond dengan Lady Gilraen."

(Glorfindel, kening berkerut berkomentar)

"Saya rasa itu agak mustahil, Mas. Meskipun Elrond itu di mata saya masih anak bau kencur, buat Gilraen ia jelas terlalu tua."

(Erestor sambil ketawa berkomentar.)

"Ya, siapa yang tahan, Mas, kalau di istananya tinggal janda muda, cantik lagi."


"Dan sebagai penutup, ada apa di antara grup musik Tari dan kelompok legendaris Queen?"

"Temukan cerita lengkapnya dalam MESRA kali ini, setelah jeda pariwara berikut."


Iklan:
  • Trailer film "Chronicles of Nargothrond: The Elf-lord, the Dwarf and the Dragon" Saksikan di bioskop kesayangan Anda. 
  • Sinetron "Mearas Maedhros" episode "Salon Orodreth" tayang Senin-Jumat pukul 18.00 
  • Shampo Laurelin (Galadriel, duduk di beanbag ala cewek2 yg ngasih testi di iklan pembalut, ngomong "Tadinya saya udah coba macam-macam shampo, tapi yang ada rambut saya malah jadi rontok. Tapi setelah pakai Laurelin, sisir saya jadi bersih, nggak ada rontokan rambut lagi. Jadi waktu Gimli minta rambut dulu itu terpaksa saya cabut sendiri, bukan diambil dari sisir mana gitu." *ketawa*) Laurelin, karena anda begitu berharga. 
  • Hadiri peragaan busana koleksi musim panas the House of Dior Eluchil 


Pemirsa, sulit rasanya dipercaya bahwa King Elessar alias Aragorn, yang juga dikenal dengan julukan Strider, Wingfoot, Telcontar, Estel, Thorongil, Longshanks dan Stick-at-naught, yang kita kenal lurus dan bersih kini berada dalam sorotan kacamata publik akibat tuntutan perusahaan-perusahaan obat di Gondor, Arnor, Erebor, Mirkwood, bahkan Rivendell. Ada apa gerangan di balik tuntutan ini? Benarkan kebijaksanaan raja kita ini membunuh usaha orang banyak? Benarkah ia terlibat kasus penyuapan?

(musik heboh pengantar skandal, biasanya diembat dari OST film epik perang kayak LOTR, Kingdom of Heaven dan Troy)

Elrond: (manyun) Sejak mantu saya itu mempopulerkan athelas, miruvor saya jadi kurang laku.

Dwarf asal Erebor: (gerutu) Penjualan gigi palsu mithril turun hampir enam puluh persen sejak Aragorn ke mana2 menyembuhkan orang dengan athelas.

Elf Mirkwood: (cemberut) Ekspor ekstrak sarang laba-laba anjlok drastis sejak athelas laku keras dan orang jarang sakit.

Pengusaha berdasi: Orang sakit sebaiknya dibiarin aja sakit, supaya tetap ada konsumen untuk produk obat kita.

Pengusaha berdasi lainnya: Saya curiga ada kongkalikong antara King Elessar dengan PT Kingsfoil, Tbk.


Tapi benarkah tuduhan2 ini? Apa tanggapan Aragorn tentang semua ini? (montage beberapa gambar Aragorn pada berbagai kesempatan, diiringi musik dramatis)


Aragorn: (tampang garang) Siapa yang bilang itu? Siapa? (Anduril dihunus dan disabet2kan)

MESRA: (tiarap) Apa benar Paduka terima suap dari PT Kingsfoil, Tbk?

Aragorn: Saya belum pernah dengar perusahaan itu? Di mana itu?

MESRA: (belom berani berdiri lantaran Anduril belom disarungin lagi) Katanya sih di the Blue Mountain.

Aragorn: (jidat berkerut, pedang turun) Wah, saya benar2 belom pernah dengar tuh, dik.

MESRA: (berdiri ati2) Kalau begitu kenapa Paduka ke mana2 nyembuhin orang dan ngejelasin manfaat athelas? (tiarap lagi)

Aragorn: Kamu ini pertanyaannya aneh2. Saya kan raja, udah tugas saya menyejahterakan rakyat.

MESRA: Jadi Paduka benar2 nggak nerima suap?

Aragorn: Sekali lagi saya tekanken, saya tidak menerima uang sepenny pun dari siapa pun!" (kamera beralih ke tangannya yang udah mengusap2 dan ngremes2 gagang Anduril)

MESRA: (ngacir) I..iya, Paduka. Ampun, Paduka. Saya rakyat, Paduka.. (kabur)


Ketika MESRA berusaha mengkonfirmasi bantahan King Elessar ini, berikut jawaban yang kami dapat.

Faramir: Saya bisa mengerti kenapa King Elessar sering menyembuhkan rakyat secara cuma2 dan mengkampanyekan apotek hidup athelas di tiap rumah. Ini bagian dari kampanyenya mengambil hati rakyat, sehubungan dengan rencana kenaikan harga dedak dan jerami makanan kuda. (tampak panik dan guilty sesaat) Ups.

Dwarf satpam PT Kingsfoil, Tbk: Bukan, Mbak, bukan perusahaan...obat? Jamu? Bukan. Kita bikin aluminium foil kok.

Arwen: (senyam-senyum kenes ke kamera sambil bolak-balik ngerapiin rambut yang udah rapi) Apa pertanyaannya tadi?

MESRA: Apa King Elessar menerima suap, Yang Mulia?

Arwen: (cekikikan) Kok tahu sih?

MESRA: Jadi isyu itu benar, Paduka?

Arwen: Iya dong. (muka bangga) Estel tuh kolokan banget sejak menikah, mungkin karena lama tinggal di hutan nggak ada yang ngurusin. sekarang kalo makan maunya disuapin. Dia sambil pura2 sibuk baca berkas-berkas, padahal sebenernya suka dimanjain gitu. (cekikikan lagi)

(pake nada super serius dan judgmental walopun topiknya konyol dan garing abis)


Jadi, pemirsa, kini penilaian berada di tangan Anda. Apakah King Elessar memang raja yang bersih dan lurus dalam pemerintahannya, ataukah ia kini layak mengenakan gelar tambahan: Koruptor. MESRA akan segera kembali dengan topik berikutnya seusai jeda pariwara berikut ini.


Iklan:
  • Film "Cirdan and The Lembas Factory." Now out in VHS and DVD. 
  • Kosmetik Estel Lauder. "Menjadi Ranger tak selalu berarti mengabaikan kecantikan kulit Anda." 
  • Reality show "Pemburu Ringwraith" Tayang tiap Rabu pukul 20.30 


Pemirsa, isyu penggunaan formalin untuk mengawetkan makanan kini tengah menghebohkan para penghuni Middle-earth.


(montage gambar2 slow motion para orc mengawetkan entah daging apa, di pabrik2 jorok penuh kepulan asap dan genangan air kotor, diiringi, lagi2, musik dramatis yang diembat tanpa credit dari OST LOTR, KOH dan Troy)

Bagaimana tanggapan mereka tentang penyimpangan pemakaian bahan kimia ini, terutama para hobbit yang terkenal akan kecintaan mereka terhadap makanan.

MESRA: Bagaimana tanggapan Anda terhadap pemakaian formalin dalam makanan?

Rosie Cotton: Memang meresahkan sih, tapi kami para hobbit nggak begitu merasa terganggu dengan berita2 itu kok.

MESRA: Kenapa?

Rosie Cotton: Makanan kita jarang sekali yang diawetkan, maklum begitu dipetik atau dipotong, dimasak, dimakan langsung habis.

MESRA: Jadi makanan hobbit sama sekali tidak pakai pengawet?

Rosie Cotton: (nyengir) Ada juga sih yang pakai pengawet. Tapi bukan bahan kimia, lho.

MESRA: Misalnya?

Rosie Cotton: Jadi begini, Mas, kadang-kadang saya pasang label "Racun Tikus" di kardus permen, atau tulisan "jangan dimakan, sudah kadaluwarsa" di stoples kue. Kalo nggak nanti keburu habis semua disikat suami dan anak-anak. Kalo ada tamu kan malu cuma nyuguhin air putih.

MESRA: Apa taktik ini berhasil?

Rosie Cotton: (mringis) Yah, pernah sekali saya sempat malu waktu kedatangan tamu, trus anak saya bilang "Mama kok tamunya dikasih kue kadal...kadal...kadaluwarsa?" Dan Mas kan sering liat suami saya. Bisa liat sendiri kan lingkar pinggangnya makin lebar aja?


Cut to Galadriel di acara Press Conference "Lembas Enak, Sehat, Bergizi dan Bebas Formalin."

Galadriel: Lembas dibuat dari bahan2 murni dan alami, sama sekali tanpa bahan pengawet.

MESRA: Apa tanggapan Anda tentang tuduhan bahwa lembas diawetkan dengan formalin, hingga awet dibawa berminggu2 sampai ke Mordor?

Galadriel: Saya membantah keras. Lembas dibuat dengan proses sangat higienis dan dimonitor 24-jam. Karena itu tidak cepat basi.

MESRA: Tapi ada tudingan karena makan lembas melulu selama perjalanan ke Mordor itulah Frodo sakit parah sampai harus diungsikan ke Undying Land.

Galadriel: (melotot) Saya curiga isyu ini sengaja diembuskan saingan usaha kami, para produsen cram dari Dale! Kalau tuduhan itu memang benar. kenapa Sam, yang sama2 cuma makan lembas tetap segar bugar dan malah punya 13 keturunan? Kalau Saudara tidak percaya, Saudara boleh liat sendiri suami saya makan lembas buatan dapur saya. (ngelirik galak ke Celeborn. Celeborn duduk terkulai sambil ngelus2 perutnya).

Celeborn: (memelas) Honey, aku kan udah makan dua keping lembas. Udah kenyang. (bersendawa, trus nutup mulut malu2) Kamu aja yang makan kenapa?

Galadriel: (desis) Aku kan lagi diet! (melotot makin galak, ngelirik dengan alis terangkat ke lembas di piring di meja konferensi)

Celeborn: (puppy eyes)

Galadriel: (nada galak memberi peringatan) Cel-ly!

Celeborn: (bersendawa lagi, lebih keras, trus ngeliatin wartawan) Maaf. (ke bininya) Driel, baby, aku bener2 udah kenyang berat nih.


(di latar belakang terdengar wartawan hoek-hoek jijay ngedenger the Lady and Lord of Caras Galadhon saling panggil dengan panggilan sayang)


Galadriel: (merajuk) Ya, udah, nanti aku pulangnya ke rumah mantu di Rivendell aja deh. Jangan jemput sampai lima ratus tahun ya. (cemberut)

Celeborn: (mendesah pasrah dan melonggarkan ikat pinggang, lalu mengambil sekeping lembas)


Pemirsa, kami akan segera kembali setelah jeda pariwara berikut ini.


Iklan
  • Trailer film "Pirates of the Cardolan II" 
  • Kuis "Who Wants to Own a Mumakil." Tayang tiap Sabtu pukul 20.00 
  • "Lost" episode IV. Montage aktornya: Nimrodel kesasar di bilangan Dol Amroth; Beren kesasar di Girdle of Melian, Doriath; Tuor kesasar pas nyari Gondolin; Frodo cs kesasar di kuburan Barrowdowns; Merry dan Pippin kesasar di Fangorn. 


Pemirsa, seperti kita tahu, sepeninggal suaminya Arathorn, Lady Gilraen of the Northern Kingdom mengucilkan diri di Rivendell untuk menyelamatkan anaknya, Aragorn, satu-satunya pewaris tahta Gondor berdarah Numenor murni. Tapi benarkah ada alasan lain di balik kesediaan Lord Elrond menerima janda muda ini di kerajaannya? Apa tanggapan Erestor, penasihat terpercaya Elrond,dan Glorfindel, elf sakti yang menjalani kehidupan keduanya di Rivendell setelah sempat mati melawan Balrog demi membela para pengungsi Gondolin di First Age? Bagaimana tanggapan putra-putri Elrond tentang hal ini? Apa pula pendapat Aragorn tentang para elf yang menampungnya di Rivendell sepeninggal ayahandanya?


(montage dengan musik heboh lagi, Gilraen pas pemakaman suaminya; Aragorn masih bayi pake popok, topi renda dan alas iler, digendong Elrond; si kembar Elladan dan Elrohir lagi main kuda2an ama Aragorn masih balita, Gilraen mengawasi di pinggir, di sebelahnya berdiri Elrond)


Glorfindel: Saya nggak meragukan ketulusan Elrond, kok. Dia bener2 cuma berniat melindungi keturunan Elros, sodara kembarnya. Itu aja kok, nggak ada motif macam2.


Cut to


Erestor: Ya, siapa yang tahan, Mas, kalau di istananya tinggal janda muda, cantik lagi. Mana Elrond udah cukup lama ditinggal bininya ke Undying Land pula.


Cut to


Glorfindel: Saya rasa itu agak mustahil, Mas. Meskipun Elrond itu di mata saya masih anak bau kencur buat Gilraen ia jelas terlalu tua


Cut to


Aragorn: (mata menerawang, nostalgic) Saya memang dibesarkan tanpa figur ayah, tapi itu tidak berarti tidak ada figur lelaki dewasa dalam masa kecil saya. Saya ingat tiap malam ada saja elf yang datang ke paviliun tempat saya tinggal. Saya diberi permen atau kue, dipangku dan diajak main, lalu kepala saya dielus-elus, trus biasanya mereka bilang, "Kasihan ya, Estel harus tumbuh tanpa panduan seorang ayah." Biasanya kalo sudah begitu ibu saya langsung bilang, "Estel, udah waktunya bobo."


Cut to


Erestor: Saya nggak bermaksud sok tau, tapi kalaupun terjadi hubungan di antara mereka berdua memang kenapa? Elrond mungkin sudah hampir dua age umurnya, ribuan tahun, tapi masih bisa diandalkan kok. Mas ngerti kan maksud saya? (cengar-cengir, alis naik-turun)


Cut to


Aragorn: Trus ibu bakal bilang pada tamunya "Maaf, ya, Estel udah ngantuk nih. Harus saya temenin pipis dulu supaya nggak ngompol nanti." Dan elf itu bakal berdiri dengan tampang harap-harap cemas dan bilang "Besok saya datang lagi, ya?" tapi akhirnya merasa terusir juga dan ibu saya langsung kunci pintu sambil geleng2 kepala. (ketawa) Ibu saya kan senengnya tipe lelaki Numenor yang kekar berisi dan ada brewok2 halusnya, bikin geli katanya, jadi elf2 itu satu pun nggak ada yang sukses. (ketawa lagi)


Cut to


Glorfindel: Lagipula saya rasa anak-anak Elrond tidak akan merestui ayahnya punya affair dengan perempuan mortal.

Erestor: Mas pikir kenapa Elladan dan Elrohir jadi luntang-lantung berkelana ke mana2 dan bukannya tinggal ngejagain Rivendell? Trus Arwen, dia lama tinggal Lothlorien dengan eyangnya Galadriel dan Celeborn, juga karena nggak setuju ngeliat bapaknya kegenitan. Mereka sayang ama Aragorn dan Lady Gilraen, tapi mereka nggak ridho punya ibu tiri yang ribuan tahun lebih muda daripada Arwen.


Cut to


Aragorn: Mungkin karena mereka gerah liat elf2 itu berebut cari perhatian ibu saya, suatu ketika Elladan dan Elrohir berusaha ngejodohin ibu saya dengan tukang kayu yang mereka temukan kesasar di hutan dekat Rivendell. Tipenya cocok dengan kesukaan ibu saya, tinggi besar, rimbun, Keliatannya ia juga ada perasaan pada ibu saya, sementara walopun ibu saya awalnya acuh tak acuh, lama2 keliatannya ia tertarik juga. Saya jadi panik, karena saya nggak mau diboyong pergi dari Rivendell. Saya pinjam laboratorium Lord Elrond dan bikin campuran kimia yang baunya mirip...mmm...gas...mmm...buangan...mmm... (ngejepit idung, nuding knalpot belakang) Mas ngerti kan? Nah, waktu tukang kayu itu datang lagi, saya taruh zat kimia itu di kolong meja, jadi selama ia ngobrol dengan ibu saya, ada bau2an mencurigakan di udara. Ibu saya dan tukang kayu itu lirik2an curiga, dan sejak itu tukang kayu itu nggak pernah datang lagi. (ngakak abis2an) Bisa dibilang waktu kecil kelakuan saya kayak orc.


Cut to


Glorfindel: Saya pikir justru Erestor yang diam2 punya affair dengan Lady Gilraen.

Erestor: Saya curiga sebenernya justru Glorfindel yang naksir Lady Gilraen.


Cut to


Aragorn: Tapi lumayan, karena banyak yang naksir ibu saya, saya untung. Dari Glorfindel saya dapat kuda, dari Erestor pedang-pedangan bikinan dwarf, dari Lord Elrond dapat kotak untuk main dokter-dokteran, Lindir ngajarin saya nyanyi. Pokoknya saya mungkin nggak punya ayah, tapi banyak yang kepengin jadi ayah saya. (ngakak)


Pemirsa, jangan lewatkan liputan tentang grup musik Tari selepas jeda pariwara berikut ini.


Iklan
  • Trailer film "Turin Turambar and the Goblet of Saeros" 
  • Mi Sssedap produksi PT Smeagolfish, Tbk, tersedia dalam rasa ikan pepes, ikan goreng, ikan peda, ikan bumbu acar, pesmol ikan, ikan belado, ikan bumbu bali, sushi, tomyamgung dan ikan mentah 
  • Dapatkan info kriminalitas dan investigasi terlengkap dalam acara "Bidik, Sergap, Terkam, Bacok, Lucuti, Rampas, Cincang, Sate" dengan pembawa acara Shagrat dan Gorbag tiap hari pukul 11.00 siang dan pukul 18.30 malam. 

Pemirsa, seiring dengan menanjaknya popularitas grup musik elf Tari dengan lagu andalan mereka "Mellon Tapi Mesra," tentu makin banyak yang ingin diketahui penggemar kelompok duo elf jelita ini.


MESRA: Apa Tari diilhami oleh grup musik Men asal Gondor, Queen?

Tari1: (menggeleng tandas) Oh, jelas tidak, Mas.

Tari2: Kami malah sebal dengan grup itu, Mas.

MESRA: Kenapa?

Tari1: Kami rasa grup itu melecehkan kaum elf dan sangat diskriminatif.

Tari2: (mengangguk) Lagu-lagunya berbau SARA, Mas. Arogan.

MESRA: Maksudnya gimana?

Tari1: Yah liat aja lagu-lagunya, Mas. "We Are The Champion"...

Tari2: (mendengus) Padahal kalo nggak dengan bantuan elf, hobbit dan dwarf, mana bisa.

Tari1: (mengangguk menegaskan)

Tari2: Terus "Who Wants To Live Forever."

Tari1: (sengit) Itu kan jelas2 penghinaan terhadap elf!

Tari2: Trus "Princes of The Universe."

Tari1: Pelecehan terhadap wanita! Kenapa nggak "Royal Heirs of The Universe" atau "Children of the King of the Universe"...kan lebih netral. Emang cowok doang yang boleh jadi penguasa. (mendelik panas) Ini kan udah the Fourth Age, plis dong ah.

Tari2: (mengangguk setuju) Arogan, memang.

MESRA: Jadi Tari sama sekali nggak ada hubungannya dengan Queen?

Tari1 dan 2: (menggeleng tegas) Kami lebih suka dianggap ada kemiripan dengan Westlife.

MESRA: Westlife?

Tari1: (bersemangat) Iya, boyband asal Valinor. (diiringi potongan video klip Westlife "Sailing Without Ship")

Pemirsa, demikianlah berita-berita yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Kami tutup tayangan MESRA kali ini dengan lagu lawas "Beleriand Rhapsody" karya kelompok Queen asal Gondor. Sampai jumpa dalam tayangan MESRA berikutnya.

Farewell, namarie.



Appendix (baca: buat yang belom tau)

  • Rosie Cotton adalah istri Samwise Gamgee. Samwise adalah... Udah tau kan? 
  • Erestor adalah anggota tim penasihat Elrond, ia tinggal di Rivendell, muncul di Fellowship of The Ring 
  • Glorfindel adalah elf berambut emas yang ber-reinkarnasi setelah sempat tewas dalam pertempuran melawan Balrog demi menyelamatkan para elf yang mengungsi dari kerajaan elf Gondolin pada waktu para elf Middle-earth masih berperang melawan Melkor, boss-nya Sauron, di First Age. Ia tinggal di Rivendell dan dikirim Elrond mencari Aragorn dan para hobbit yang ketika itu sedang diuber-uber Nazgul. Ia muncul di buku Fellowship of the Ring. Kudanya bernama Asfaloth. Di film perannya diambil alih Arwen. 
  • Nargothrond adalah salah satu pusat kerajaan elf di masa First Age, waktu elf masih banyak dan sibuk berperang dengan Melkor. 
  • Mearas adalah jenis kuda unggul keturunan Nahar, tunggangan Orome, Vala (dewa) yang mengurus satwa-satwa liar di Middle-earth. Shadowfax, kuda putih Gandalf adalah mearas. 
  • Maedhros adalah salah satu keturunan Feanor yang ikut hijrah ke Middle-earth dari Valinor untuk merebut kembali permata Silmaril yang dicuri Melkor. Long story, baca aja di Silmarillion. :) 
  • Laurelin adalah nama sejenis pohon suci di Valinor yang cahayanya jadi pengganti matahari sebelom matahari dan bulan diciptakan. 
  • Dior Eluchil adalah keturunan pasangan legendaris manusia (Beren) dan campuran elf-maia (Luthien). 
  • Cirdan adalah elf yang memimpin pelabuhan Grey Havens di mana para elf yang udah bosen tinggal di Middle-earth bisa beli tiket boyongan ke Undying Land. 
  • Caras Galadhon adalah nama lain Lothlorien, wilayah kekuasaan Galadriel dan Celeborn suaminya. 
  • Dale adalah kota kecil hunian manusia di tepi danau dekat kerajaan dwarf Erebor dari mana Gimli berasal. Dulunya Bilbo sempat singgah di kota itu selepas petualangannya merebut kembali Erebor dari pendudukan Smaug si naga. (Juga bukan keturunan batak) Info lengkapnya bisa dibaca di buku The Hobbit. 
  • Cram adalah sejenis roti kering buat bekal perjalanan, diproduksi orang2 Dale, tapi menurut Gimli rasanya kalah jauh dibanding lembas. 
  • Cardolan adalah salah satu pecahan kerajaan Anor, "cabang" kerajaan Gondor di utara, yang dibentuk para manusia Numenor yang selamat dari banjir bandang yang menenggelamkan pulau mereka. 
  • Elladan dan Elrohir adalah elf cowok kembar anak Elrond dan istrinya Celebrian. Tidak diketahui apa si kembar yang satu ini sama badungnya dengan si kembar Weasley. 
  • Shagrat dan Gorbag adalah dua uruk yang berantem memperebutkan t-shirt mithril Frodo di Tower of Cirith Ungol (tempat Frodo sempat disekap di Mordor). 
  • Mumakil adalah nama lain dari Oliphaunt. 
  • Turin Turambar adalah anak manusia yang nasibnya sial banget, sebagian karena kutukan naga Glaurung dan sebagian lagi karena ia gampang sewot. Turin sempat tinggal bersama para elf di Doriath, trus kabur, trus jadi rampok, trus ditaksir cewek tapi trus cewek itu mati, temen setianya berusaha nyuruh dia pulang, tapi eh, mati juga, trus Turin kawin sama adik kandungnya sendiri lantaran nggak tau tu cewek masih adiknya (zaman itu akte kelahiran masih langka), trus begitu tau, adiknya bunuh diri saking malunya (takut ada bisik2 tetangga kayak gini "Kayak nggak ada cowok lain aja di dunia."), dan Turin juga akhirnya bunuh diri pake pedangnya yang bisa ngomong bernama Gurthang. Sayangnya walopun Gurthang bisa ngomong, dia nggak bisa nelepon ambulans untuk nyelamatin Turin. 
  • Saeros adalah elf yang nekat ngehina Turin lantaran sirik karena Turin disayang raja Thingol raja Doriath. Saeros ngata2in emaknya Turin dan saking angotnya, Turin menimpuk Saeros dengan goblet (gelas berkaki), trus sengaja menyergap Saeros di hutan untuk diarak bugil sebagai hukuman karena ngeledek emaknya. Akibat suatu kecelakaan, Saeros malah mati, dan karena takut bakal dituduh membunuh, Turin kabur dan mulailah hidupnya yang penuh dukalara, malapetaka, kesengsaraan, penderitaan, naga, cewek-cewek cantik, kentang dan rampok. (Heh, ini kayak sinopsis buku Lemony Snicket). Moral cerita: kalo ngehina emak orang jangan ketauan anaknya. 
  • Tari berarti Ratu dalam bahasa Quenya (thanks, Niph!) 
  • Beleriand adalah wilayah tempat tinggal elf pada zaman First Age, yang sangat luas, dibatasi pegunungan di sebelah timur dan utara dan dibelah beberapa sungai. 

-----------


"So most men teach and few men learn. Let the unseen day be. Today is more than enough."
JRR Tolkien
Unfinished Tales

No comments:

Post a Comment